Pages

Minggu, 25 November 2018

Berani? 5 Spot Paling Angker di Bogor



Bicara soal Bogor, mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Bogor memang dikenal sebagai kawasan yang memiliki sejuta pesona. Dari mulai kesejukan Kebun Raya Bogor, kuliner, Puncak, sampai Istana Bogor yang tersohor benar-benar menjadikan Kota Hujan ini sebagai salah satu destinasi menarik bagi para traveller, baik dari dalam Jabodetabek maupun yang berasal dari luar provinsi.

Ternyata, Bogor nggak cuma terkenal akan pesona wisatanya aja lho guys, tapi juga sisi 'mistis' nya. Hii.. Mungkin sebagian dari kamu apalagi yang menetap di  Bogor (seperti saya hehe) sudah tak asing lagi mendengar beragam kisah menyeramkan atau bahkan mengalaminya sendiri di spot-spot angker di Bogor seperti yang akan saya bahas dibawah ini.

Bagi kalian yang merasa memiliki keberanian extra, dan gemar menjelajah 'dunia lain' tak ada salahnya memasukan tempat-tempat ini ke daftar destinasi kalian selanjutnya. Hmm bagi yang nggak berani? Saya sarankan jangan deh, daripada nanti pingsan di tempat kan repot, hihihi.

Apa aja sih spot-spot di Bogor yang terkenal angkernya? Yuk disimak.

1. Gunung Gede-Pangrango


Buat kamu para pendaki khususnya yang berdomisili di Jabodetabek, pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini.

Selain letaknya yang cukup dekat dengan Jakarta, gunung yang termasuk dalam komplek Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) ini menawarkan panorama yang memanjakan mata.

Salah satu pesona yang tak terlupakan bagi para pendaki tentu dapat menikmati keindahan dan kecantikan bunga Edelwiss saat break di alun-alun Suryakencana.

Namun tahu kah kamu? Meski menyimpan pesona yang menarik, gunung Gede-Pangrango juga tersohor akan nuansa mistisnya? Mungkin kalau kamu adalah seorang pendaki yang pernah mendaki gunung ini, akan setuju kalau gunung ini masuk deretan spot paling angker di Bogor ya guys hihi.

Sudah banyak sekali cerita para pendaki atau warga sekitar yang pernah merasakan keangkeran gunung ini. Dari mulai suara tapak kaki kuda, disesatkan di perjalanan, bertemu sosok mba kunti bahkan ada kisah dari para pendaki yang konon, melihat sesosok nenek-nenek setengah tubuh yang melayang-layang di sekitar tenda. Gimana? masih mau nyoba mendaki sendirian?.

2. Gunung Salak



Gunung Salak sejak dahulu memang sudah terkenal angker dan sakral. Pasalnya, gunung dengan tinggi 2211 mdpl ini memang banyak sekali terdapat petilasan atau bahkan makam keramat yang mana merupakan peninggalan dari era kerajaan dahulu, dan petilasan yang paling terkenal ialah petilasa Prabu Siliwangi yang terletak di lereng gunung.

Gunung Salak juga terkenal sebagai gunung yang kerap 'memakan' korban. Tentu masih segar dalam ingatan tragedi Sukhoi Superjet-100 yang jatuh dan hancur di gunung ini tahun 2012 silam.

Selain itu, Kawah Ratu dan Curug Seribu juga termasuk dua titik yang kerap menelan korban. Banyak roh-roh korban yang konon bergentayangan di sekitar tempat itu. Bahkan ada kisah mistis anggota tim SAR yang mendengar jeritan wanita minta tolong, padahal jarak mereka dengan TKP jatuh nya pesawat masih sangat jauh.

Keberadaan makam keramat yang konon selalu mengeluarkan asap dan kampung ghoib yang pada bulan-bulan tertentu mengadakan pagelaran ghoib di puncak gunung juga turut mewarnai kesan mistis gunung ini.

Oiya, jika kamu belum pernah mendaki ke Gunung Salak dan ada rencana untuk mendaki, jangan kaget yah kalau diperjalanan mendaki bertemu nenek-nenek dengan logat Jawa yang akan menghilang seketika. Dan yang terpenting, jaga tata krama serta patuhi peraturan yang ada ya guys, karena gak sedikit lho pendaki yang hilang misterius bahkan ga ditemukan sampai sekarang ketika mendaki gunung ini.

3. Terowongan Kereta Paledang



Terowongan sepanjang 10 meter yang dilintasi jalur kereta Bogor-Sukabumi ini terletak di Jalan
Paledang, Bogor Tengah. Sekilas tak nampak kesan yang menyeramkan dari terowongan ini, nampak sama seperti terowongan pada umumnya.

Namun, ternyata ada kisah tragis dibalik terowongan ini. Sekitar tahun 2000-an, pernah terjadi kecelakaan maut yang menimpa 12 pelajar SMA yang menumpangi kereta jurusan Bogor-Sukabumi. 12 pelajar tersebut duduk di atas gerbong kereta (karna aturan dulu tidak seketat sekarang).

Mereka tidak menyadari bahwa kereta akan melewati terowongan yang memiliki space sangat sempit antara atap gerbong dan bibir terowongan. Alhasil, 12 pemuda tersebut tewas seketika terbentur bibir terowongan dan terjatuh serta terlindas kereta hingga bagian tubuhnya terpisah. Sementara sebagian lain berhasil selamat dengan cara melompat terlebih dahulu.

Sejak kejadian itu, banyak kejadian-kejadian menyeramkan terjadi di sekitar terowongan. Seringkali, konon para arwah korban kecelakaan kerap menunjukan wujud berupa sosok hantu tanpa kepala.

Warga sekitar pun kerap mendengar suara sekelompok pemuda di bawah terowongan, namun tidak ada siapapun disana.
Hii.. coba bayangin kalo kamu terpaksa harus berjalan di tempat itu tengah malam hihihi..

4. Kebun Raya Bogor



Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor memang merupakan salah satu landmark Kota Bogor.
Kebun yang memiliki luas 87 hektare ini adalah salah satu destinasi wajib bagi kamu yang berkunjung ke Bogor. Kurang afdol rasanya kalau kamu jalan-jalan ke Kota Hujan tanpa mampir paling tidak sekedar untuk menikmati suasana sejuk dibawah rindangnya pepohonan.

Kebun yang terletak di jantung Kota Bogor ini tidak hanya menawarkan pesona cantik berupa keanekaragaman koleksi flora yang lengkap, namun juga suasana mistisnya.

Pengalaman pengunjung atau para petugas yang berjaga di sekitar Kebun Raya ini cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah pengalaman saat berada di komplek pemakaman Belanda dan Danau Gunting. Ketika hari sudah berganti gelap, maka dua titik ini terasa amat mencengkram.

Konon, sering ada penampakan noni Belanda dan sosok hitam tinggi besar disekitaran komplek pemakaman dan danau Gunting. Rumornya sih, danau Gunting emang udah jadi basecamp nya si noni Belanda ini guys. Sering juga lho para petugas yang sedang patroli terlebih di sore hingga malam hari mendapati sosok noni Belanda ini lagi berjalan santai di tepi danau sembari bersenandung. Ada cerita pula kalau di danau ini juga terdapat sesosok siluman ular raksasa yang kerap mengganggu orang-orang yang sedang memancing.

Tak hanya komplek pemakaman Belanda dan Danau Gunting yang memiliki kesan angker, ada juga satu titik di kawasan Kebun Raya Bogor ini yang paling dihindari para petugas. Yakni, komplek pemakaman Ratu Galuh, istri dari Prabu Siliwangi. Dimana banyak laporan penampakan berupa sosok harimau putih yang dipercaya adalah jelmaan dari Prabu Siliwangi yang menjaga makam tersebut tuh guys. Wahh.. ngeri ya..

5. Jalan di Hutan Cifor



Hutan Cifor yang terletak di daerah Bubulak, Bogor Barat ini sebetulnya adalah daerah yang cukup sejuk. Banyaknya pepohonan rindang dan suasana yang masih asri, memang memberikan sesansi kesegaran tersenriri.

Namun, hal itu berubah saat malam hari. Menurut warga sekitar, hampir setiap malam Jum'at tengah malam, sesosok hantu kepala besar kerap menampakan wujudnya dan mengganggu orang-orang yang melintasi jalan tersebut. Dari mulai tukang nasi goreng, supir angkot sampai prngendara motor yang melintasi kawasan ini seringkali melihat sosok mengerikan tersebut.

Usut punya usut, konon, zaman dulu ada seorang Jawara yang dianggap kerap mengganggu warga. Warga yang geram pun akhirnya mengeroyok si jawara itu hingga mati dan mayatnya dibuang di kawasan ini. Nah, si jawara inilah yang dipercaya sebagai sosok hantu kepala besar yang kerap mengganggu orang-orang.

Berani lewat malam Jum'at tengah malam?

Nah itulah 5 spot paling angker di Bogor. Tentunya, nasih banyak sekali spot-spot angker di Bogor yang gak bisa saya ulas semua hehehe.

Menyangkut percaya atau tidak, itu kembali pada diri masing-masing. Namun, selagi kita senantiasa menjaga prilaku, tutur kata di tempat-tempat tertentu, serta slalu mendekatkan diri kepada Tuhan, InsyaAllah nggak akan terjadi apa-apa kok hehehe.

1 komentar: